THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 29 November 2010

Mimpi dan Motivasi

Setiap orang pasti memiliki mimpi, yang bila disertai dengan keinginan yang kuat akan menjadi sebuah cita-cita atau tujuan hidup. Mimpi dapat muncul begitu saja, bahkan sejak kita masih sangat kecil dan lugu sekalipun. Mungkin bedanya adalah saat kita kecil mimpi kita masih berbau hal-hal yang irasional. Seperti ingin dapat terbang, mempunyai kekuatan super, dan berbagai macam hal lain yang bersifat fantasi. Hal itu dipengaruhi oleh dongeng dan cerita anak-anak yang sering kita saksikan saat itu. Namun, seiring pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada diri kita maka mimpi-mimpi itu pun berubah menjadi hal yang lebih rasional.

Perubahan mimpi berjalan seiring dengan perkembangan kedewasaan seseorang. Ketika dia menyadari perannya di masyarakat, maka dia berusaha untuk menyesuaikan mimpinya dengan realita yang ada di masyarakat. Meskipun begitu, setiap orang tetap memiliki impian terliarnya yang terkadang mungkin tidak masuk akal bila dihubungkan dengan realita yang ada. Mimpi-mimpi itu meskipun terkadang terasa tidak relevan untuk diwujudkan, namun dapat menjadi sebuah motivasi yang kuat untuk perjuangan seseorang. Begitu juga dengan yang saya alami dan akan saya ceritakan kali ini.

Saya sebagai seorang mahasiswa, tentunya memiliki mimpi-mimpi yang umum menjadi keinginan setiap mahasiswa. Mimpi tersebut adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan berguna bagi masyarakat. Namun, selain itu saya juga memiliki impian terliar. Mimpi ini telah ada sejak saya kecil dan saya terus berusaha untuk mewujudkannya karena mimpi ini adalah sebuah passion untuk saya. Bahkan mungkin menjadi salah satu tujuan utama dari hidup saya. Mimpi saya tersebut adalah ingin dapat pergi berkeliling dunia dan merasakan berbagai petualangan yang belum pernah saya rasakan sebelumnya.

Selain itu saya juga memiliki impian untuk membangun negara kita Indonesia, khususnya di bidang pariwisata. Saya memilih pariwisata karena melihat kembali passion saya yang utama, yaitu berjalan-jalan keliling dunia. Dari situ saya memutuskan untuk mengambil bidang pariwisata karena saya menyukainya. Pariwisata Indonesia pun memiliki potensi yang luar biasa, namun sangat kurang dalam pengembangannya. Maka dari itu saya sangat ingin membuat pariwisata Indonesia dapat disandingkan dengan negara-negara tetangga kita seperti Singapura dan Malaysia yang mampu berkembang pesat dan menjadi tujuan wisata dunia.

Selain pariwisata ada hal penting lainnya yang menurut saya sangat penting untuk dibenahi, yaitu transportasi publik. Mimpi saya yang satu ini sebenarnya belum lama muncul. Mimpi ini muncul setelah saya melihat realita yang sesungguhnya, saat saya pulang-pergi dari rumah ke kampus. Saya merasa cukup terganggu dengan hal ini, di mana kemacetan begitu mengganggu dan transportasi umum yang sudah dapat dibilang tidak layak pakai serta polusi yang sungguh membuat suasana perjalanan menjadi begitu tidak nyaman. Hal inilah yang ingin saya perbaiki.

Dengan adanya mimpi-mimpi tersebut secara tidak sadar saya terus memiliki motivasi untuk belajar agar dapat menggapainya. Dengan bermimpi maka saya memiliki sebuah tujuan hidup dan tekad yang kuat yang mampu mengembalikan semangat saya di saat saya bosan atau malas dengan perjuangan yang saya lakukan. Mungkin berbagai hal ini terasa mustahil atau sulit untuk diwujudkan, namun tidak ada salahnya kita bermimpi. Setiap orang memiliki hak untuk bermimpi dan bercita-cita. Maka gantungkanlah mimpi dan cita-citamu setinggi bintang di langit, karena kembali pada esensi dari mimpi itu sendiri, yaitu untuk memberi tujuan yang jelas bagi hidup kita serta sebagai sebuah motivasi yang mampu terus memberikan semangat dalam perjuangan kita.

0 komentar: